Penerapan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran Berbasis E-learning bagi Dosen dan Mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Padang
Abstract
Current advances in information technology require all universities to always keep abreast of developments, especially for the smooth running of education. One of the information technology learning media that can currently be used in lectures is Edmodo. The aim of this service is to provide an introduction and training on E-learning to lecturers and students so that they are more motivated in their lecture activities using E-learning with Edmodo as a support for teaching and learning activities at the Padang Ministry of Health Polytechnic. Implementation methods include carrying out practical activities and monitoring the use of Edmodo as an E-learning media to lecturers and students as well as providing pocket books. The results of the activity showed that all respondents (100%) stated that it was easy to access Edmodo, while motivation was still not optimal due to the unsatisfactory internet network where 66.2% rarely accessed Edmodo. Learning results for using Edmodo learning media in class A were in the high category at 30%, at the medium category at 32%, at the low category at 24% and in the very low category at 14%. The level of learning outcomes for class B students in the pass category was 78.8% (26 people) and in the incompetent category was 21.2% (7 people). The conclusion is that the ability of lecturers and students to use and utilize Edmodo in online lectures has increased.
Downloads
References
Jakarta
Ariesto H. Sutopo. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalamPendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Arwan Nur Ramadhan. (2012). Hubungan Aktifitas Penggunaan E-learning dengan Hasil belajar Siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK negeri 2 Depok Sleman. Skripsi. Yogyakarta : Universitas negeri Yogyakarta.
Aulia Rahmawati. (2014). Efektivitas Penerapan Edmodo Terhadap Pembelajaran Kimia Kelas Xi Sma N 1 Wates Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rajawali.
Preference Towards The Use Of Edmodo As A Learning Platform To Create Responsible Learning Environment. Prosiding, Asia Euro Conference. Selangor : School of Hospitality, Tourism and Culinary Arts, Taylor’s University.
Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network ”Edmodo” Dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif Di Prodi Ptm Jptk FKIP UNS. Jurnal JIPTK. Vol. VI (2). Hlm 99-105.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Deni Darmawan. (2013). Analisis Tren Teknologi Infromasi dan Komunikasi(TIK). Bandung : Remaja Rosdakarya.
Deni Darmawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : RemajaRosdakarya.
Departemen Pendidikan. (2002). Depdiknas—Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Direktorat Pendidikan Dan Lanjutan Pertama.
Didi Supriadie & Deni Darmawan. (2012). Komunikasi Pembelajaran.
Bandung :Remaja Rosdakarya.

Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Pengbadian Masyarakat Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.