Peningkatan Kemampuan Pendidik Sebaya melalui Pelatihan Model Pembelajaran JIGSAW dan Penggunaan Modul Seksualitas Berbasis Agama Islam di Pusat Informasi dan Konseling Remaja SMP Kota Padang
Abstract
Increasing the abilities of peer educators through jigsaw learning model training and the use of Islamic religion-based sexuality modules at the Padang City Middle School Youth Information and Counseling Center is an activity carried out by implementing the jigsaw cooperative learning model and Islamic religion-based sexual education modules for teenagers. The aim of this activity is to increase the abilities of peer educators through training in the jigsaw learning model using an Islamic religion-based sexuality module at the Youth Information and Counseling Center in Padang City. The method of this activity is to carry out advocacy activities, provide training, carry out monitoring and evaluation and dissemination by providing Islamic religion-based sexual education modules for peer educators in the PIK-R room in Padang City. Based on the results of the activity, it is known that peer educators' knowledge about sexual behavior has increased, especially in terms of knowledge about teenagers, the etiquette of men and women in everyday life according to the Islamic religion. It is hoped that this will continue to be applied in everyday life so that it becomes a habit and avoids sexually transmitted diseases and does not add to our sins as religious people, where adolescence is often associated with myths and stereotypes about deviance and impropriety. Conclusion: it is necessary to apply learning about Islamic religion-based relationships to today's teenagers so that they are not influenced by outside cultures.
Downloads
References
BKKBN. 2017. Promosi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Bagi Kelompok Kegiatan PIK Remaja (PIK R). Direktorat Bina Kesehatan Remaja. Jakarta.
SDKI. 2017. Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta.
SKRRI. 2017. Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia. Jakarta.
Nursal D. 2008. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Murid SMU Negeri di Kota Padang Tahun 2007. Jurnal Kesmas Unand
Susanti D. 2016. Pengaruh Lembar Balik Triad KRR terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja di Kota Padang.
Roy. 2011. Pemahaman Tentang Seks Kaitanya dengan Sikap Terhadap Hubungan Seks Pranikah. Skripsi. Fakultas Psikologi UMS.
Susanti D, Yefrida 2019. Model intervensi perubahan perilaku tentang seksualitas pada remaja di Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kota Padang.
Yuliadi, Istar. 2015. Mengenali Gangguan Orientasi Seksual pada Anak. Solo: 2015.
Zidna, Sabela Naja, dkk. 2017. Hubungan Pengetahuan, Sikap Mengenai Seksualitas dan Paparan Media Sosial dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja di Beberapa SMA Kota Semarang Triwulan II Tahun 2017. Jurnal Kesmas UNDIP.

Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Pengbadian Masyarakat Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.