Peningkatan Pengetahuan tentang Anemia melalui Penyuluhan dan Pemberian Tablet Tambah Darah
Abstract
This community service activity aimed to increase adolescent girls’ knowledge about anemia prevention through education and iron tablet supplementation at MTs. Antasari, Samarinda City. The activity was conducted on Friday, November 7, 2025, involving 89 students from grades VII, VIII, and IX. The implementation included a pre-test, interactive counseling using PowerPoint and educational leaflets, a discussion session, iron tablet distribution, and a post-test for evaluation. The results showed a significant improvement in participants’ knowledge, with correct answers increasing from 61.7% in the pre-test to 94.27% in the post-test. These findings indicate that health education and direct practice of taking iron tablets effectively enhanced students’ understanding of the causes, symptoms, and prevention of anemia. This activity proved effective in fostering adolescent girls’ awareness of the importance of maintaining blood health through balanced nutrition and regular iron tablet consumption.
Downloads
References
Abu-baker, N. N., Eyadat, A. M., & Khamaiseh, A. M. (2021). Heliyon The impact of nutrition education on knowledge , attitude , and practice regarding iron de fi ciency anemia among female adolescent students in Jordan. HLY, 7(2), e06348. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06348
Amrina, S., Puspitasari, C. E., & Andanalusia, M. (2022). Penyuluhan Anemia sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan pada Santri di Pondok Pesantren Syamsul Falah. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia (JPIMI), 1(2), 94 97.
Fitria, A., Aisyah, S., & Sibero, J. S. T. (2021). UPAYA PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI MELALUI KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH Aida. 4(2), 91–99.
Hartati, H. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN PENERAPAN MAHASISWA PRAKTIKAN TENTANG KESELAMATAN PASIEN TERHADAP TINGKAT KEJADIAN KESELAMATAN PASIEN. 2(1), 0–6.
Imanual, R., & Rosmaulia, R. (2024). Hubungan tingkat pengetahuan tentang anemia dengan kebiasaan konsumsi makanan sumber zat besi pada mahasiswa. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 6(1), 45–52.
Kemenkes, R. (2018). Laporan%20Riskesdas%202018%20Nasional.pdf.
Koidah, Rifatul Masrikhiyah, D. R. (2025). Hubungan Tingkat Pengetahuan Anemia dan Kecukupan Asupan Zat Besi ( Fe ) dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di SMP N 2 Losari. 7(01), 42–47.
Kusnadi, K. (2021). Hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian anemia pada remaja putri. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(2), 75–82.
Musniati, N., & Kesehatan, F. I. (2021). Edukasi Pencegahan Anemia pada Remaja Putri. 5(2), 224–232.
Mutmainnah, Patimah, S., & Septiyanti. (2021). Hubungan kurang energi kronik (kek) dan wasting dengan kejadian anemia pada remaja putri di kabupaten majene. 02(01), 107–115.
Paula, M., Nahak, M., Julieta, M., Naibili, E., Isu, Y. K., & Loe, M. G. (2022). PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN ANEMIA MELALUI KOMBINASI METODE CERAMAH DAN LEAFLET PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 3 ATAMBUA. 4, 554–562.
Safitri, E. D., Aritonang, I., Wirawan, S., & Sitasari, A. (2024). Efektivitas penggunaan media video animasi tentang anemia pada remaja putri. 07(02), 183–192.
Shafira, S. M., Almira, B., Islamy, N., & Tanziha, I. (2025). Efektivitas Edukasi Anemia terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja di Desa Kaliwulu , Cirebon ( Effectiveness of Anemia Education on Increasing Knowledge of Adolescents in Kaliwulu Village , Cirebon ). 7(April), 177–185.
Suaib, F., Rowa, S. S., & Adwiah, W. (2024). Hubungan Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. XIX(1), 71–76.
Yulianti, A., Aisyah, S., & Handayani, S. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Anemia pada Remaja Putri. 5(1).
Copyright (c) 2025 nurse co

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Pengbadian Masyarakat Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Pengabdian Masyarakat Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.






















