The Difference in Knowledge and Attitudes in Preventing Dental Caries Through Educational Cartoon Puppet Media
Abstract
Dental and oral diseases, particularly dental caries, are common health issues, with a prevalence of 45.3% in Indonesia according to Riskesdas 2018. In the working area of Puskesmas Lubuk Alung, the highest cases of dental caries were found at SDN 01 Lubuk Alung. This study aims to determine the difference in knowledge and attitudes towards dental caries prevention after educational intervention using cartoon puppets. This research used a mixed-method approach with qualitative techniques through source triangulation and a quantitative quasi-experimental design with a one-group pretest-posttest approach, conducted from September 2023 to April 2024. The population consisted of 159 students, with a sample of 67 students selected using probability sampling and simple random sampling techniques. Data were collected through questionnaires and interviews with informants, including students, school health teachers, health professionals, language experts, and design experts. The data were analyzed using univariate and bivariate analysis with the Wilcoxon test.The results showed a significant increase in knowledge (from 11.54% to 14.61%) and attitudes (from 45.60% to 61.43%) after the educational intervention. The difference was statistically significant for both knowledge (p=0.001) and attitude (p=0.001). In conclusion, cartoon puppet media effectively improved students' knowledge and attitudes regarding dental caries prevention, and it is recommended to develop more comprehensive materials for different target groups.
Downloads
References
Husna N, Prasko P. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut. J Kesehatan Gigi. 2019;6(1):51.
Kusuma. Gambaran Kejadian Karies Gigi Pada Anak Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 20 Sungaiselan. J Media Kesehatan 2007;3(1):102–6.
Ramadhan. Pengaruh Promosi Kesehatan Dengan Media Poster Tentang Perawatan Gigi Terhadap Tindakan Anak Usia Sekolah di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Rahmi. J NTHN Nan Tongga Heal Nurs. 2020;14(1):21–5.
Organization WH. Laporan Status Kesehatan Mulut Global Menuju Cakupan Kesehatan Universal Untuk Kesehatan Mulut Pada Tahun 2030, Dental Abstracts. Jenewa; 2022. Vol 57.
Safela SD, Purwaningsih E, Isnanto. Systematic Literature Review: Faktor yang Mempengaruhi Karies Gigi pada Anak Sekolah Dasar. J Ilmu Keperawatan Gigi. 2021;2(2):335–44.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Lembaga Penerbit Balitbangkes. Jakarta; 2018. p. hal 156.
Tim Riskesdas 2018. Riset Kesehatan Dasar Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018. Laporan Riskesdas Nasional 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB); 2018. 1–478 p.
Adam, Ratuela. Tingkat Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi Dan Mulut Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Of Public Health and Community Medicine; 2022;3(1):6.
Sitanaya RI. Efektivitas Flip Chart Dan Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa SD Negeri Katangka tentang Karies gigi. J Ilmu Kesehatan Sandi Husada. 2019;10(2):63–8.
Widyastuti N, Hasfat H, Supriatna A. Efektivitas Pillow Book dalam Promosi Kesehatan Gigi Anak Sekolah Dasar. J Media Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Makassar. 2022;21(2):26.
Arista EB, Hadi S. Penggunaan Media yang Efektif dalam Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Sekolah Dasar. J Ilmu Keperawatan Gigi. 2021;2(2):209–2015.
Utami DP, Mulyanti S, Insanuddin I, Supriyanto I. Efektivitas Media Flip Chart dan Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Karies Gigi. J Kesehatan Siliwangi. 2021;2(2):678–83.
Nubatonis MO, Gigi K, Kupang PK. Promosi Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Siswa Sekolah Dasar Kota Kupang. J Info Kesehatan. 2017;15(2):451–68.
Setiawan H, Adi S, Ulfah NH. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Autoplay Sebagai Media Promosi Kesehatan Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Kelas V Sdn Percobaan 02 Kota Malang. Prev Indonesia J Public Health. 2017;2(2):93.
Prihastuti, Satrio, Dwiandhono, Anau. Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Menyikat Gigi Siswa Kelas 4 SDN 1 Karangtengah Melalui Pertunjukan Wayang Kartun Dan Gerakan 21 Hari Menyikat Gigi. J Prosiding Seminar Nasional and Call for Papers2022;(23):218–26.
Utami PR, Rohmah MM, Pramudita GA, Parvilia CE. Simulasi Media Wayang Kartun Sebagai Upaya Branding Apoteker Cilik Pada Siswa Sekolah Dasar Guna Mewujudkan Lamongan Peduli Kesehatan Sejak Dini. JMM (Jurnal Masy Mandiri). 2022;6(6):4609.
Pratiwi CP, Nur D, Eky A. Penerapan Model Role Playing dengan Bantuan Media Wayang Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara siswa SD. J Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA); 2023;2(2):435–50.
Salma A, Kurniasari. Pengaruh Media Poster, Video Boneka Tangan, dan Buku Cerita terhadap Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar tentang Gizi Seimbang. J Media Publik Promosi Kesehatan Indonesia. 2022;5(8):939–42.
Melani, Novelasari, Amos. Manusia Dan Kesehatan Efektivitas Dongeng Berbahasa Minang Terhadap Peningkatan Pengetahuan Sikap Siswa Tentang Karies Gigi. J Ilmu Manusia dan Kesehatan. 2023;6(September):391–401.
Rusyadi MA, Said F, Ulfah R. Perbedaan Penyuluhan Menggunakan Media Komik Dan Media Pameran Terhadap Pengetahuan Tentang Gigi Berlubang Pada Murid. J Terapis. 2020;1–6.
Aisyah S, Fitria A. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang HIV/AIDS dengan Pencegahan HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Montasik Kabupaten Aceh Besar. J Bidan Komunitas. 2019;2(1):1.
Vandana MY. Perbedaan Pengetahuan Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Tentang Hipertensi Pada Lansia DI Desa Pesucen, Banyuwangi. J Bahan Kesehatan Masyarakat. 2022;2(1):6–12.
Utami RP, Idriansari A, Latifin K. Pengaruh Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Cuci Tangan Siswa di SD Negeri 117 Palembang. J Proceeding Seminar. 2020;
Mila M, Anafiah S. Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul. TRIHAYU J Pendidik Ke-SD-an. 2021;7(2):1145–50.
Atminingsih IYS. Apakah Terapi Bermain Dengan Kearifan Lokal Wayang Kertas Mengurangi Kecemasan Anak Prasekolah Selama Hospitalisasi. J Kesehatan. 2022;10(1):62–8.
Rachmawati WC. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Malang: Wineka Media; 2007.
Wijayanti TS, Fayasari A, Khasanah TA. Permainan Edukasi Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan Dan Konsumsi Sayur Buah Pada Remaja Di Jakarta Selatan. J Nutrition College. 2021;10(1):18–25.
Mardhiati R. Variabel Pengetahuan Dalam Penelitian Kesehatan Masyarakat. IKRA-ITH Hum J Sos dan Hum. 2022;7(1):163–71.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.