Patient Satisfaction Level with Clinical Pathology Laboratory Services
Abstract
Background: Clinical pathology laboratory services play an important role in supporting diagnosis, treatment, and patient recovery. The quality of laboratory services affects patient satisfaction, which is a key indicator of hospital service quality. Objective: To determine the level of patient satisfaction with clinical pathology laboratory services at Hospital X in Denpasar. Methods: This research employed a descriptive design with a cross-sectional approach. A total of 80 outpatients aged 17–45 years participated, selected using accidental sampling. The instrument was a Likert scale questionnaire based on the ServQual dimensions (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy). Results: Overall, 78.8% of patients were satisfied. Satisfaction levels by dimension were: tangibles (80%), reliability (76.3%), responsiveness (77.5%), assurance (79%), and empathy (80%). Conclusion: Patients were generally satisfied with laboratory services. It is recommended that the dimensions of responsiveness and reliability need to be improved to enhance service quality.
Downloads
References
Sumenge, D., Ode, W., Ali, M. & Agustien, L. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Laboratorium RSUD Kabupaten Sorong. Pros. Semin. Nas. Tahun 2020 53–59 (2020).
Rosita, B. & Khairani, U. Analisis Lama Waktu Pelayanan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat. J. Kesehat. PERINTIS (Perintis’s Heal. Journal) 5, 114–121 (2018).
Sanjaya, W. Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi. J. Ilmu Kesehat. Bhakti Husada Heal. Sci. J. 14, 215–225 (2023).
Fung, L. I. Evaluasi Pelayanan Laboratorium Patologi Klinik Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum Di Rs Dr. Oen Solo Baru. Skripsi.(Universitas Setia Budi, 2017).
Meiflanty, N. Analisis Kualitas Pelayanan Laboratorium Patologi Klinik Pasien Rawat Jalan Dengan Standar Pelayanan Minimal Di Rumah Sakit Kasih Ibu.Skripsi.(Universitas Setia Budi, 2019).
Rahma, F. Pengaruh Kualitas Pelayanan Laboratorium Patologi Klinik Terhadap Keputusan Pasien rawat jalan di rumah sakit Al islam bandung. (Journal Hosp. Adm. PPT ARSI) Abstr. 1, 1–13 (2022).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: CV (Alfabeta), 2019).
Monim, C. J., Massie, J. D. D. & Poluan, J. G. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien pada RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. J. EMBA 10, 1156–1168 (2022).
Julianti, N. F., Chotimah, I. & Kholidjah Parinduri, S. Gambaran Kepuasan Pasien Laboratorium di Puskesmas Kemang Kabupaten Bogor Tahun 2020. Promotor 5, 474–483 (2022).
Martina, Priyatno, A. D., Ekawati, D. & Ermagustina. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Laboratorium Kabupaten Lahat Tahun 2023. J. Kesehat. Saelmakers PERDANA 7, (2024).
Aditya, A. et al. Screening Fungsi Ginjal Sebagai Perbaikan Outcome Pengobatan Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe Ii (Studi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ngesrep). J. Kesehat. Masy. 6, 191–199 (2018).
Meliana Gonsalves, Sirait, R. W. & Sinaga, M. Gambaran Tingkat Kepuasan Poli Umum terhadap Pelayanan Laboratorium Puskesmas Naibonat Tahun 2024. SEHATMAS J. Ilm. Kesehat. Masy. 3, 486–497 (2024).
Wahyuni, S. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Laboratorium Di Puskesmas Pariaman Pada Tahun 2020. Vol. 2507 (2020).
Suciati, G. & Zaman, C. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. JKM (Jurnal Kesehat. Masyarakat) Cendekia Utama 11, 102 (2023).
Wawansari, E. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Laboratorium RSUD Rara Meha Waingapu. (Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang, 2019).
Dewi, K. I. L., Yulianthini N. N., Telagawathi. N. L. W. S. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Singaraja. J. Manaj. 9, (2019).
Afrizal. & Suhardi. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pasien. Munich Pers. RePEc Arch. Pap. (2018).
Copyright (c) 2025 Maulidiah Egi Saputri Augi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.