Kebutuhan Suportif Edukatif dalam Manajemen Diri Stres pada Pasien Hipertensi
Abstract
Background: Hypertension is a non-communicable disease that is the number one cause of death in the world. Stress in hypertensive patients can worsen the patient's condition and increase the risk of complications. Nurses have an important role to provide educational support in self-management in hypertensive patients. Objective: Knowing the level of educational support needs in stress self-management in hypertensive patients. Research Methods: The research design used in this study was descriptive quantitative. A sample of 40 respondents was taken using the total sampling technique. Data were collected using a stress management questionnaire. Results: All respondents, as many as 40 people (100%), have a low level of educational supportive needs in stress self-management. Conclusion: Respondents need educative support in low stress self-management. Suggestion: Nurses identify the patient's level of educational support needs in managing stress so that they can provide educational support according to the patient's needs.
Downloads
References
Dosoo David Kwame D. Prevalence of Hypertension in the Middle Belt of Ghana: A Community-Based Screening Study. Int J Hypertens. 2019;2019.
Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Buku Saku Kesehatan Triwulan. 2022.
Amrita Sarkar D. A Lay Epidemiological Study on Coexistent Stress in Hypertension: Its Prevalence, Risk Factors, and Implications in Patients’ Lives. J Fam Med Prim Care. 2017;6(2):169–70.
Iceu Amira DA,Suryani,dkk.Hubungan Tingkat Stress dengan Hipertensi Pada Lansia di Puskesmas Guntur Kabupaten Garut.Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada : Jurnal Ilmu Ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi.2021;21(1) :21 - 28
Delavera Aenaya,Siregar Kemal,dkk.Hubungan Kondisi Stress dengan Hipertensi Pada Penduduk Usia 15 Tahun di Indonesia.Bikfokes.2021;1(3):148 – 159
Mambang Sari CW, Sumarni N, Rahayu YS. Hubungan Stres Terhadap Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kadungora Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. 2019;4(2).
Qodir A. Pengaruh Edukasi Suportif Terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Hipertensi Literatur Review. Media Husada J Nurs Sci. 2022;3(2):101–11.
Lukmawati E, Wilandika A, Widianti AT. Pengaruh Supportive Educative Terhadap Self Care Pasien Hipertensi Pada Salah Satu Puskesmas Di Bandung. J Keperawatan ’Aisyiyah. 2020;6(2):1–7.
Maria T. Hubungan Manajemen Stres Dengan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Kombos Timur Kecamatan Singkil Kota Manado. 2017;64–7.
Adyatma MA, Murtaqib M, Setioputro B. Hubungan Spiritualitas dengan Stres pada Penderita Hipertensi di Poli Jantung RSU dr. H. Koesnadi-Bondowoso. Pustaka Kesehat. 2019;7(2):88.
Anitasari B, Fitriani. Hubungan pemenuhan kebutuhan spiritual dengan kualitas hidup lansia : literature review. J Fenom Kesehat. 2021;04(1):463–77.
Rahmawati, Novi B. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Manajemen Stres Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi. shine cahaya dunia ners . 2017;1(1):31–9.
Delfriana, Sinaga D. Faktor - Faktor Yang Menyebabkan Hipertensi Di Kelurahan Medan Tenggara. J Kesehat Masy. 2022;10(2):136–47.
Wahyuni, Eksanoto D. Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Jenis Kelamin Dengan Kejadian Hipertensi Di Kelurahan Jagalan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. J Ilmu Keperawatan Indones. 2013;1(1):112–21.
Kurniasari I, Hidayat S. The influence of work stress on improving blood pressure on workers. Indones J Occup Saf Heal. 2017;6(3):385–93.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.