Increasing Adolescents Knowledge of Sexually Transmitted Infections, Drugs and the Dangers of Smoking
Abstract
Background: According to the results of the initial study at RW 15 Sukamentri Village, it was revealed that there was a lack of knowledge of adolescents related to sexually transmitted infections and drugs and was supported by the explanation of local cadres that reproductive health counseling activities for adolescents had never been held in the area. Based on this background, a nursing problem was found, namely a knowledge deficit in adolescents. Objective: To describe changes in knowledge of adolescents in RW 15 about sexually transmitted infections, drugs and the dangers of smoking. Methods: This study using descriptive methods approaches the nursing process with quantitative research design. Results: The average pre-test and post-test scores of respondents indicate an increase of 2.92 in the post-test results after receiving education. Conclusion: There is an increase in adolescent knowledge before and after health education about STIs, drugs and the dangers of smoking. Suggestion: Education programs for adolescents on STIs, drugs, and smoking could be a sustainable program in the community.
Downloads
References
World Health Organization. (2024, October 10). Adolescent mental health [Fact sheet]. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-mental-health (Artikel web).
Puspita, R. W., Darmi, S., & Ak, M. (2024). HUBUNGAN TEMAN SEBAYA, PERAN KELUARGA DAN KETERPAPARAN INFORMASI TERHADAP PERILAKU SEKS BEBAS PADA REMAJA DI POSYANDU REMAJA PUSKESMAS KARANGPAWITAN KABUPATEN GARUT TAHUN 2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2454–2468. (Artikel jurnal).
Anderson, L. W. dan D. R. Krathwohl. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan : Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar (Buku).
Widyaningrum, S. T., & Muhlisin, A. (2024). Tingkat pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dengan sikap remaja terhadap seks bebas di SMA Sukoharjo. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(2), 186–193. (Artikel jurnal).
Wilantika, R., Mukhlis, H., Afrita, R., Karisma, D., & Al-Karimah, S. (2020). PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU HIDUP SEHAT DI SDN 1 KEDIRI. Jurnal PKM, 2(2), 59–63. (Artikel jurnal).
Cindy. (2023). Potret pengetahuan dan sikap remaja tentang Infeksi Menular Seksual (IMS). Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 9(2), 109–114. (Artikel jurnal).
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. (Artikel jurnal).
Yunita, T. (2020). Academic intrinsic motivation (AIM): Memahami hasrat belajar mahasiswa terhadap academic performance. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 306. (Artikel jurnal).
Sukesih, S., Maiza, L., & Sopyan, A. (2021). Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Upaya Pencegahan Covid-19 Pada Masyarakat. Proceeding of The URECOL, 290-296. (Artikel jurnal).
Lailiyana, Jannah, F., & Sartika, Y. (2023). EDUKASI DAMPAK SEKS BEBAS DAN PENYALAHGUNAAN NAPZA TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA. Jurnal Ebima, 4(1), 22–25. (Artikel jurnal).
Degeng, N. S. (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori Dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup (Buku).
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13-22. (Artikel jurnal).
Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292-7302.
Amin, Y., & Haswita. (2024). Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Terkait Penyalahgunaan Narkoba Melalui Edukasi Berbasis Health Promotion Model. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 2(2), 8–16. (Artikel jurnal).
Carolina, P., & Tarigan, Y. U. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA DALAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NAPZA DI SMA KATOLIK ST. PETRUS KANISIUS PALANGKA RAYA. Jurnal Surya Medika, 4(2), 79–87. (Artikel jurnal).
Stuart, J., & Rutherford, R. J. (1978). Medical student concentration during lectures. Lancet (London, England), 2(8088), 514–516. https://doi.org/10.1016/s0140-6736(78)92233-x (Artikel jurnal).
Winarti, A. A., Berutu, S. R., Rejeki, S., Sidabutar, K., & Surya, M. A. (2024). Peran Moderasi Beragama Dalam Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA di Kalangan Remaja di SMA Negeri 1 Talawi. Journal of Human And Education, 4(5), 358–366. (Artikel jurnal).
Copyright (c) 2025 Desi Apriani, Adelse Prima Mulya, Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Kesehatan Cendikia Jenius diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.